Senin, 24 Februari 2014

Cara Install WEBMIN di Debian 7.0 Server


Webmin adalah alat konfigurasi sistem berbasis web untuk sistem Unix-like , walaupun versi terbaru juga dapat diinstal dan berjalan pada Windows . [ 4 ] Dengan itu , adalah mungkin untuk mengkonfigurasi internal sistem operasi , seperti pengguna , kuota disk, layanan atau file konfigurasi , serta memodifikasi dan mengendalikan aplikasi open source , seperti Apache HTTP Server , PHP atau MySQL .
Webmin sebagian besar didasarkan pada Perl , berjalan sebagai proses sendiri dan web server . Standarnya TCP port 10000 untuk berkomunikasi , dan dapat dikonfigurasi untuk menggunakan SSL jika OpenSSL diinstal dengan tambahan yang dibutuhkan Perl Modules.
Hal ini dibangun di sekitar modul , yang memiliki antarmuka ke file konfigurasi dan server Webmin . Hal ini membuat mudah untuk menambahkan fungsi baru . Karena desain modular Webmin , sangat mungkin bagi siapa saja yang tertarik untuk menulis plugin untuk konfigurasi desktop .
Webmin juga memungkinkan untuk mengendalikan banyak mesin melalui antarmuka tunggal , atau login yang mulus pada host webmin lain pada subnet yang sama atau LAN .
Webmin terutama dikodekan oleh Australian Jamie Cameron dan dirilis di bawah lisensi BSD .

1. Buka terminal lalu ketikan perintah wget http://prdownloads.sourceforge.net/webadmin/webmin_1.670_all.deb

2. Lalu ekstrak filenya dengan cara dpkg --install webmin_1.670_all.deb

3. jika dependensi hilang kita dapat melakukan perintah apt-get install perl libnet-ssleay-perl openssl libauthen-pam-perl libpam-runtime libio-pty-perl apt-show-versions python

4. Untuk membuka webmin buka browser lalu ketikan ipanda:10000




                      SEMOGA BERMANFAAT

0 komentar:

Posting Komentar

Pages