Sabtu, 01 Maret 2014

Cara Install Espesi di Linux Mint

  EPESI adalah web server aplikasi dalam membangun CRM / ERP aplikasi. Dasarnya terdiri dari solusi CRM yang memungkinkan untuk mengelola informasi bisnis: toko, mengatur dan berbagi catatan antara orang-orang dalam perusahaan atau organisasi. Oleh karena itu menyederhanakan komunikasi internal dan membuat alur kerja yang lebih efisien. Hal ini dibangun di atas tingkat tinggi, cepat dan ringan PHP / Ajax framework yang khusus diciptakan untuk tujuan itu.
  Ada juga banyak aplikasi ekstensi di EPESI tawaran yang menangani kebutuhan yang lebih spesifik dari berbagai jenis kegiatan usaha. Hal ini berkat desain modular yang fungsi dari aplikasi CRM dasar dapat dengan mudah diubah dan diperluas. Apps baik gratis dan berbayar dapat diperoleh melalui EPESI Store. Contoh aplikasi: List Manager, Manajer Kampanye, Sistem Manajemen Inventori, E-Commerce.

Atau Baca Selengkapnya Di  wiki Epesi.


Kegunan Atau Fungsi Epesi

1. Content Making
Pembuatan content dilngkungan CMS adalah mudah, karena bisa dilakukan oleh siapapun tanpa harus mengetahui dasar HTML. Kebanyakan CMS sekarang penulisan contentnya dikembangkan dilingkungan berbasis web, dengan implementasi yang lebih sederhana serta mengijinkan untuk diupdate tanpa harus meghapus dulu.


2. Content Management

Satu halaman telah dibuat, maka CMS akan menyimpan halaman tersebut pada tempat penyimpananya. Semuanya disimpan dengan link yang terkait. Pusat penyimpanan juga menyediakan fasilitas untuk mengelola content dengan metode :

· menjaga traking semua content sehingga bisa mengerahui siapa merubah dan kapan.

· Memastikan masing-masing user hanya punya privasi sesuai dengan haknya.

· Mengitegrasikan dengan system sesuai dengan spesifik kontent tersebut.

Yang paling penting ada masalah workflow capability. Sebagai contoh : bila ada content masuk yang dutullis oleh seseorang maka content tersebut tidak akan langsung dipublikasikan melainkan statusnya akan pending, sampai akirnya di review oleh administrator atau yang diberi hal untuk ini dan tergantung langkah administrator selanjutnya. Kalo di approve baik dengan diedit terlebih dahulu atau tanpa pengeditan, maka setelah itu content tersebut baru bisa dibaca oleh visitor.

3. Publication

Setelah atikel di terima oleh admin dan direview, tentunya disini admin atau user lain yang biberi privelege juga berhak untuk mengedit kali dirasa semua sudah sesuai selanjutnya artikel tersebut akan diapprove maka secara otamatis akan dipublikasikan sesuai dengan kategorinya.

4. Presentation

CMS dapat juga menyediakan penomeran atau berdasar tanggal untuk memindah kualitas dan efektifitas dirinya. Sebagai contoh CMS akan membangun navigasi buat kita dengan membaca struktur pengeluaran yang urut dari content yang teleh disimpanya. Sehingga akan membantu dalam mempresentasikan

1. Buka terminal dan masuk sebagai root dengan cara sudo su
2. Lalu masuk ke direktori var/www dengan cara cd /var/www
3. Lalu download filenya dengan cara  wget http://sourceforge.net/projects/epesi/files/latest/download 
4. Lalu ikuti perintah berikut yang berfungsi untuk mengginstall apache pada espesi apt-get install apache2 php5 php5-gd php-xml-parser php5-intl php5-sqlite php5-mysql smbclient curl libcurl3 php5-curl
5. Lalu restart apache dengan cara /etc/iit.d/apache2 restart
6. Lalu ekstrak file dengan cara unzip download
7. Lalu ganti nama folder agar mudah saat membuka browser caranya mv epesi-1.5.5-20140113/ epesi
8. Lalu beri hak akses dan permision dengan cara chown -R www-data:www-data espesi dan chmod 755 epesi
9. Lalu buat databasenya dengan cara buka browser lalu ketikan ipanda/phpmyadmin setelah masuk ke phpmyadmin lalu klik database dan ketikan nama lalu klik create

Menginstall Epesi :

1. Buka browser lalu ketikan ipanda/epesi 
2. Lalu pilih bahasa penginstallan 



3. Lalu centang semua  field quirred lalu klik next




4. Lalu isi data configurationnya lalu klik next



5. Lalu akan muncul proses installasi seperti ini lalu klik continue






6. Lalu akan ada tampilan seperti dibawah ini isikan setiap kolom misal : 
login : admin ( untuk login )
masukan email anda
masukan password : ...... ( untuk login )
kemudian klik next



7. Lalu akan muncul gambar eperti dibawah ini lalu klik next 



8. Selanjutnya akan muncul seperti ini isikan kolom dengan benar sesuai dibawah ini lalu klik next




9. Lalu isikan kolom dengan benar catatan yang * merah wajib diisi




10. Proses installasi selesai maka tampilannya akan seperti ini 







Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Pages